Ukuran Kertas F4

Ukuran kertas F4 ini memang sudah menjadi ukuran yang standar dalam dunia percetakan yang digunakan di Indonesia maupun di berbagai negara lainnya. Untuk bisnis photocopy maupun percetakan dokumen ukuran inilah yang juga sering digunakan. 

Pada ukuran F4 ini memang tidak bisa Anda temukan pada Microsoft Excel maupun Microsoft Word karena bukan merupakan ukuran kertas internasional. Namun, tetap saja ukuran ini sering digunakan oleh pencetak dokumen. 

Beberapa Ukuran Kertas F4

Beberapa Ukuran Kertas F4

Memang tidak bisa ditemukan pada software seperti Microsoft Office karena bukan ukuran internasional. Akan tetapi, ukuran ini ada karena permintaan pasar yang besar sehingga tidak masuk ke dalam sistem aplikasi.

Selain Microsoft Office, pada Photoshop atau CorelDraw juga tidak ada ukuran F4 ini sehingga Anda harus mengaturnya secara mandiri. Pastinya Anda membutuhkan beberapa ukuran dalam berbagai macam satuan. 

1. Ukuran Kertas F4 dalam cm

Jika Anda ingin mengukur kertas F4 maka bisa menggunakan satuan centimeter yaitu 21,5 x 33 cm. Hal tersebut berarti untuk lebarnya adalah 21,5 cm dan panjangnya yaitu 33 cm. Ukuran ini lebih panjang dibandingkan ukuran A4 yang juga banyak di pasaran.

Pada ukuran satuan ini bisa Anda gunakan pada Microsoft Word maupun secara manual. Untuk ukuran ini juga bisa Anda gunakan secara manual dengan menggunakan penggaris yang lebih dari 30 cm karena panjangnya sendiri adalah 33 cm. 

2. Ukuran F4 dalam mm

Satuan selanjutnya yang bisa digunakan dalam mengukur kertas F4 adalah milimeter yang ukurannya tinggal dikonversikan dari cm. 

Untuk ukuran F4 dalam satuan milimeter ini adalah 215 x 330 mm dengan lebar 215 mm dan panjangnya adalah 330 mm. Ukuran ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan penggaris yang ukurannya lebih dari 300 mm yang biasanya dalam satu penggaris sudah ada ukuran mm dan cm. 

3. Ukuran F4 dalam inchi

Selanjutnya untuk ukuran yang lebih terlihat profesional karena memiliki satuan inchi. Hal ini berarti Anda bisa menggunakan di berbagai aplikasi yang menyediakan format satuan ukuran inchi. 

Untuk ukuran inchi sendiri pada kertas F4 yaitu 8,5 x 13 inchi dengan lebar 8,5 inchi dan panjangnya adalah 13 inchi. Dengan begitu maka Anda dapat menuliskan satuan ukuran inchi pada aturan dalam masing-masing software yang digunakan. 

Untuk satuan ini biasanya kurang familiar digunakan di Indonesia karena lebih banyak digunakan di Amerika Serikat. 

4. Ukuran F4 dalam Pixel

Jika berbicara mengenai Pixel maka akan merujuk kepada desain grafis yang terlihat lebih profesional. Nah, jika Anda ingin membuat poster maupun mencetak gambar dengan ukuran F4 maka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan satuan pixel. 

Satuan pixel yang digunakan pada ukuran F4 adalah 2.539 x 3.898 pixel dengan resolusi 300 dpi atau ppl. Dengan begitu maka kualitas foto yang Anda cetak tidak akan membuat berkurang dan pecah. 

Jenis Kertas untuk Ukuran F4

Jenis Kertas untuk Ukuran F4

Seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu F4 adalah permintaan pasar dan bukan ukuran kertas internasional. Oleh sebab itu, terdapat produsen kertas yang terkadang memiliki ukuran berbeda untuk ukuran kertas F4 ini. 

Ukuran tersebut pastinya tidak jauh berbeda yaitu hanya selisih sekitar 0,5 sampai dengan 0,6 cm saja atau ada yang berukuran 21 x 33 cm dan 21,6 x 33 cm. Jadi perbedaan hanya terletak pada lebarnya saja sedangkan panjangnya tetap di angka 33 cm. 

Biasanya orang banyak yang menyebut untuk ukuran F4 ini sebagai Folio atau kertas HVS Folio. Anda harus memahami konsep ini terlebih dahulu jika kertas folio masih dibedakan menjadi 2 jenis kertas, yaitu:

1. Kertas Folio Bergaris

Sudah jelas dengan namanya yaitu Folio Bergaris yang berarti memiliki garis seperti buku tulis sehingga memudahkan untuk menulis. Biasanya kegunaan folio bergaris ini digunakan untuk menuliskan surat lamaran kerja yang ditulis dengan tulisan tangan. 

2. Kertas Folio Polos (HVS) 

Sedangkan, untuk selanjutnya yaitu kertas folio polos atau Ukuran Kertas HVS yang mana umum digunakan untuk mencetak atau print dokumen, surat formal maupun non formal, serta untuk fotocopy. 

Anda dapat memilih salah satu kertas di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Sangat banyak di toko kertas untuk kertas folio ini sehingga jangan bingung jika ditanya mengenai kertas polos atau bergaris.

Baca Juga : Ukuran Kertas A4

Kegunaan Ukuran Kertas F4 dalam Keperluan Sehari-Hari

Kegunaan Ukuran Kertas F4 dalam Keperluan Sehari-Hari

Pastinya ukuran F4 ini bisa Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari yang mana juga digunakan oleh beberapa orang lainnya. Anda dapat menggunakan ukuran kertas ini di Indonesia maupun di negara asia tenggara lainnya karena orang negara barat belum tentu mengetahui ukuran kertas ini. 

Beberapa penggunaan kertas F4 ini paling banyak ditemui dan digunakan oleh penggunanya untuk:

1. Membuat Dokumen Resmi

Ukuran ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen penting dalam bidang pekerjaan formal. Jika digunakan untuk membuat tugas seperti makalah juga bisa menggunakan kertas F4. Dokumen yang menggunakan ukuran ini juga bisa bersifat legal seperti surat menyurat.

Sedangkan jika untuk keperluan dokumen resmi yang ditulis tangan maka bisa menggunakan kertas folio bergaris yang biasanya digunakan untuk surat menyurat atau menuliskan surat lamaran pekerjaan yang bersifat formal.

2. Membuat Dokumen Non Resmi

Selain digunakan untuk dokumen resmi, ukuran ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen non resmi contohnya adalah undangan, catatan kuliah, dan masih banyak lagi. Bahkan jika Anda menggunakannya maka akan terlihat sangat proper dan memiliki kualitas tinggi.

3. Mencetak Foto

Biasanya untuk foto ukuran besar maka Anda dapat menggunakan ukuran F4 yang mana memang sering kertas foto juga berukuran F4. Selain itu, untuk jenis kertas foto sendiri bisa glossy atau dop tergantung dengan selera masing-masing. 

Anda bisa mencetak foto secara full untuk mengatur margin  menjadi 0 sehingga bisa dipastikan bahwa foto akan terlihat lebih baik lagi.

4. Membuat Poster

Poster yang bisa Anda buat dengan ukuran kertas F4 memang terlihat kecil namun juga bisa digunakan agar tampilan poster sederhana lebih baik lagi. Biasanya untuk poster ini bisa Anda tempel di mading atau dinding kamar sehingga tidak terlihat terlalu besar.

Jika membuat poster maka Anda dapat menggunakan Photoshop dengan satuan Pixel agar lebih mudah dalam mengeditnya sehingga gambar tidak akan pecah dan kualitas resolusi masih baik.

5. Pembuatan Sertifikat

Untuk ukuran F4 juga bisa digunakan untuk pembuatan sertifikat di berbagai macam bidang. Bahkan akan terlihat lebih bagus karena berbentuk persegi panjang jika dibandingkan dengan ukuran A4 yang lebih pendek. 

Pastinya sertifikat dengan ukuran F4 ini akan memiliki kualitas yang lebih baik dan di dalamnya akan terdapat banyak penulisan sehingga mudah untuk mengatur letak serta marginnya. 

Baca Juga : Ukuran Kertas Legal

Bagaimana dengan kegunaan dari ukuran kertas F4 di atas? Apakah Anda sudah mengira bagaimana Anda menggunakannya dan jenis kertas apa yang akan digunakan apakah kertas folio bergaris atau HVS yang kosong?

error: Alert: Content is protected !!