Ukuran Kertas HVS

Di kantor, di sekolah, dan di tempat percetakan sederhana pasti banyak memerlukan penggunaan kertas HVS. Pastinya, kertas ini bisa digunakan untuk apa saja seperti menulis, mencetak dokumen, membuat surat, dan lainnya. Namun, apakah Anda sudah memahami apa saja ukuran kertas HVS?

Pastinya sangat banyak ukuran yang bisa Anda temukan pada kertas HVS polos ini. Memang biasanya yang dikenal hanyalah A4 dan F4. Akan tetapi, masih banyak ukuran lain yang juga tak kalah menariknya untuk diketahui dan digunakan dalam melakukan pekerjaan.

Mengenal Kertas HVS

Mengenal Kertas HVS

Sebelum lanjut ke ukuran dari kertas HVS itu sendiri? Apakah Anda sudah mengenal dan memahami bagaimana karakteristik dari kertas ini? 

Kertas HVS ini merupakan salah satu kertas uncoated yang mana tidak dilapisi oleh lilin serta memiliki nuansa alami serta pada kedua sisinya memiliki permukaan yang serupa dan tekstur yang serupa sehingga tidak ada perbedaan untuk bagian depan dan belakang. 

Untuk ciri-cirinya sendiri, kertas ini memiliki tekstur yang sedikit kasar sehingga mudah digunakan untuk menulis dengan pensil maupun bolpoin. Selain itu, untuk penyerapan tinta printer juga cukup bagus. 

Mungkin sebagian orang mengira bahwa kertas HVS ini hanya berwarna putih dan memang umumnya kertas ini memiliki warna putih. Akan tetapi, ada juga kertas HVS dengan berbagai macam warna yang kalem dan masih bisa digunakan untuk menulis seperti pada umumnya. 

Berbagai Macam Ukuran Kertas HVS

Berbagai Macam Ukuran Kertas HVS

Selanjutnya setelah memahami sedikit tentang kertas HVS, maka bisa Anda lanjutnya dengan mengetahui beberapa macam ukuran pada kertas HVS ini, yaitu:

1. Ukuran A5

Pada ukuran kertas A5 ini terdapat tiga ukuran yang umum digunakan yaitu pada satuan milimeter adalah 145 x 210 mm, centimeter yaitu 14,8 x 21,0 cm, serta pada satuan inci adalah 5.83 x 8.27 yang mana sebetulnya dari beberapa ukuran tersebut sama saja.

Akan tetapi demi kemudahan dalam penggunaan maka harus tetap dijabarkan. Biasanya setiap aplikasi yang digunakan meminta beberapa ukuran dari satuan yang berbeda. 

Jika dilihat dari fungsinya, maka ukuran A5 ini pada kertas HVS sering digunakan untuk membuat menu pada restoran atau kafe, kartu undangan untuk pesta, brosur, atau selembaran lainnya.

Sedangkan, jika untuk dunia bisnis percetakan kegunaannya lebih krusial lagi karena dapat digunakan untuk membuat novel, cerpen, maupun karya tulis publikasi lainnya. Namun, pemilihan jenis kertas juga harus diperhatikan agar bisa enak dibaca.

2. Ukuran Kertas HVS A4

Nah, ini adalah salah satu ukuran standar internasional yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Untuk ukurannya sendiri jika dilihat pada milimeter yaitu 210 x 297 mm, centimeter yaitu 21,0 x 29,7 cm, dan inci yaitu 8,27 x 11,69 inch. 

Untuk ukuran A4 ini sebetulnya bukan hanya jenis HVS saja namun juga seperti kertas buffalo, plano, polaroid, dan masih banyak lainnya. Namun, jika melihat dari sisi harganya maka HVS adalah kertas yang paling murah.

Biasanya untuk kertas ukuran A4 ini digunakan untuk mencetak dokumen, menuliskan tugas kantor atau sekolah, membuat jadwal, serta membuat sketsa dasar pada desain grafis, dan masih banyak lainnya.

Sifatnya memang sangat multifungsi yang membuatnya banyak dicari dan digunakan oleh orang kantoran, pelajar, atau pekerja profesional. Oleh sebab itu, untuk kertas HVS dengan ukuran kertas A4 ini mudah didapatkan dimana saja. 

3. Ukuran A3

Ukuran kertas HVS selanjutnya adalah ukuran A3 yang mana ukurannya dua kali lipat dari ukuran A4. Biasanya untuk ukuran A3 ini lebih tipis dibandingkan yang lainnya karena kertasnya sangat lebar.

Untuk ketebalannya sendiri rata-rata berada di 60 gram sampai dengan 100 gram. Sedangkan untuk ukurannya sendiri yaitu pada milimeter adalah 297 x 420 mm, centimeter yaitu 29,7 x 42 cm, dan inchi adalah 11,69 x 16,54 inchi.

Biasanya untuk ukuran A3 ini selain jenis kertas HVS juga digunakan pada beberapa kertas lainnya seperti art paper, sticker chromo, linen, fancy, dan bahkan ivory. Namun tetap setiap kertas akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Saat ini akan fokus terhadap kegunaan kertas HVS pada ukuran A3 yang biasanya digunakan untuk membuat laporan kerja, mencetak selebaran, maupun media gambar pada desain gratis. Namun, jika media gambar pastinya membutuhkan ketebalan yang lebih tebal lagi.

4. Ukuran Kertas HVS A2

Ternyata untuk kertas HVS juga terdapat ukuran A2 yang mana lebih besar dari ukuran kertas A3 meskipun relatif jarang digunakan dan sulit ditemukan di ATK sederhana. Biasanya untuk kertas ukuran A2 ini digunakan untuk mencetak foto ukuran besar, poster, maupun peta.

Nah, untuk jenis kertasnya juga pastinya untuk foto dan poster bukanlah HVS jadi untuk penggunaan HVS lebih dipergunakan untuk menggambar peta yang lebih sederhana. 

Untuk ukuran dari kertas A2 ini sendiri adalah dalam mm yaitu 420 x 594 mm, cm yaitu 42,0 x 59,4 cm, sedangkan untuk inchi yaitu 16,54 x 23,39 inchi. Pastikan saat membelinya Anda mendapatkan stok kertas yang baru sehingga penyerapan tinta bisa dilakukan dengan baik dan hasil maksimal.

5. Ukuran F4

Ini adalah ukuran yang sangat banyak dicari oleh pegawai kantoran atau pelajar karena banyak digunakan untuk membuat dokumen resmi maupun non resmi. Untuk ukuran kertas F4 ini sendiri bukanlah ukuran internasional sehingga tidak ada pada aturan di aplikasi atau software PC.

Untuk ukurannya sendiri yaitu pada milimeter yaitu 210 x 330 mm, centimeter yaitu 21 x 33 cm, dan inchi yaitu 8,4 x 13 inchi. Jika ingin menggunakan ukuran kertas ini pada Ms Office maka harus dilakukan custom size karena legal bukanlah F4 atau Folio.

Memang ukuran F4 ini sering disebut ukuran Folio sehingga mudah untuk mengucapkannya.

Baca Juga : Ukuran Kertas Legal

Ukuran Kertas HVS Berdasarkan Gramatur

Ukuran Kertas HVS Berdasarkan Gramatur

Jika di atas Anda sudah mengetahui berbagai macam ukuran lebar dan panjang sebuah kertas HVS pada masing-masing ukuran dan satuan. Maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui beberapa gramatur yang biasa ada di pasaran sehingga tidak membuat Anda bingung saat membelinya:

  • 70 gsm, yang biasa digunakan untuk mencetak dokumen biasa atau fotokopi karena dirasa lebih ekonomis dan harganya lebih murah namun tergolong tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal beratnya.
  • 80 gsm, bisa dikatakan bahwa ini adalah gramatur yang standar untuk digunakan sebagai bahan mengerjakan tugas makalah, skripsi, tesis, maupun dokumen penting kantor perusahaan swasta maupun pemerintah. 
  • 100 gsm, memang dirasa cukup tebal sehingga Anda dapat memperoleh hasil gambar yang jelas dan bagus bahkan lebih detail, banyak yang menggunakannya untuk keperluan presentasi.

Untuk membuat suatu dokumen baik itu resmi atau tidak resmi maka Anda bisa menggunakan jenis kertas HVS ini sesuai dengan ukuran kertas HVS dan berat gramaturnya harus seimbang. Sampai disini mungkin Anda akan memahami bahwa kertas ini memang banyak ukuran dan kegunaannya.

error: Alert: Content is protected !!