Ukuran Kertas Legal

Mungkin Anda akan mengetahui ukuran kertas legal dan letter pada aplikasi seperti Microsoft Office Word. Sayangnya untuk kedua ukuran tersebut tidak digunakan di Indonesia karena ukuran tersebut umum digunakan di Amerika atau disebut sebagai US paper size.

Oleh sebab itu, banyak perangkat lunak pengolah kata pada PC atau Laptop Anda yang merupakan buatan Amerika dan memasukkan settingan otomatis untuk pilihan kertas dalam mencetak dokumen.

Berbagai Macam Ukuran Kertas Legal

Berbagai Macam Ukuran Kertas Legal

Jika di Indonesia biasanya kertas yang sangat populer adalah ukuran A4 dan F4 yang mana sering disalah artikan dengan disamakan dengan letter dan legal. Sayangnya, kedua jenis tersebut memang berbeda dan tidak sama. 

Mungkin perbedaan ukurannya sedikit hanya beberapa centimeter saja, tetapi jika salah mensetting ukuran kertas maka cetakan Anda pasti tidak akan berhasil atau gagal karena ada yang terpotong atau mungkin kertasnya memiliki banyak sisa.

Untuk ukuran kertas legal di bawah yang akan dibahas pastinya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang studi atau bekerja di Amerika, yaitu:

1. Ukuran dalam mm

Jika Anda ingin mengukur kertas legal dalam satuan milimeter dan ini juga sudah menjadi ukuran standar internasional maka bisa dikatakan bahwa ukurannya adalah 215,9 x 355,6 mm. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa lebarnya 215,9 mm dan panjangnya adalah 35,56 mm.

Ukuran ini yang diakui oleh standar internasional yang mana masih bisa Anda konversikan menjadi beberapa satuan lainnya. 

2. Ukuran dalam cm

Dalam satuan mm di atas maka dapat dikonversikan menjadi satuan centimeter atau cm. Siapa yang tak kenal satuan cm ini? Karena cukup familiar seperti membayangkan sebuah penggaris. Sayangnya, untuk ukuran legal ini panjangnya akan melebihi penggaris 30 cm. 

Untuk ukurannya sendiri pada satuan centimeter adalah 21,59 x 35,56 cm yang mana untuk lebarnya adalah 21,59 cm dan panjangnya 35,56 cm. Pastinya posisi kertas yang digunakan adalah potrait dan jika ingin landscape maka dapat ditukar pada lebar dan panjangnya. 

3. Ukuran dalam inchi

Berbicara mengenai satuan inchi, ini jarang digunakan namun tetap perlu Anda ketahui agar mudah dalam mengkonversikan satuan saat tiba-tiba dibutuhkan dalam sebuah perangkat lunak. 

Pada ukuran legal satuan inchi ini yaitu 8,5 x 14 in dengan lebarnya adalah 8,5 in dan panjangnya yaitu 14 in. Biasanya ukuran ini bisa Anda gunakan pada Photoshop atau Corel Draw yaitu aplikasi editing. 

4. Ukuran dalam pixel

Biasanya untuk ukuran pixel ini digunakan untuk mencetak gambar atau foto yang memerlukan proses editing. Nah, untuk penggunaan pada desain grafis ini ukuran satuan pixel disesuaikan dengan konfigurasi DPI.

Konfigurasi DPI ini dikenal sebagai dots per in atau jumlah titik warna setiap inchi. Untuk Dots pada desain grafis komputer khususnya ukuran legal satuan pixel yaitu:

  • Ukuran pixel 72 DPI dengan lebar 612 dan panjang 1008 pixel
  • Ukuran pixel 96 DPI dengan lebar 816 dan panjang 1344 pixel
  • Ukuran pixel 150 DPI dengan lebar 1275 dan panjang 2100 pixel
  • Ukuran pixel 300 DPI dengan lebar 2550 dan panjang 4200 pixel

Dengan mengikuti ukuran pixel di atas bisa Anda pilih yang 300 DPI dengan kualitas yang tinggi sehingga foto atau gambar yang Anda buat dengan ukuran kertas legal ini tidak pecah dan masih terjaga untuk kualitasnya. 

Dari beberapa penjabaran ukuran pada kertas legal di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa kegunaannya sangat beragam bisa untuk mencetak dokumen penting, menggambar, mencetak foto, poster, membuat undangan resmi atau non resmi, dan masih banyak lagi.

Ukuran Kertas Junior Legal

Ukuran Kertas Junior Legal

Selain pada ukuran kertas legal yang biasanya, ternyata masih ada ukuran kertas junior legal yang juga merupakan ukuran internasional namun lebih kecil dibandingkan legal itu sendiri.

Untuk ukurannya bahkan lebih kecil dari A5 yaitu 127 x 203 mm berarti lebarnya 127 mm dan panjangnya 203 mm. Sedangkan pada satuan centimeter adalah 12,7 x 20,3 cm. 

Pada ukuran kertas junior legal ini biasa digunakan untuk membuat notebook, poster mini, pamflet mini, buku bacaan novel atau lainnya, serta dapat menjadi kalender. Yang mana beberapa fungsinya hampir sama dengan kertas ukuran A5. 

Baca Juga :

Tips Memilih Kertas Legal yang Tepat

Nah, jika Anda sudah mengetahui mengenai ukuran kertas legal yang benar maka selanjutnya Anda harus memperhatikan kualitas dari kertas itu sendiri. Pasalnya, jika Anda studi atau bekerja di luar negeri seperti Amerika maka kualitas juga harus diperhatikan. 

1. Perhatikan Merek Kertas

Setiap kertas yang dijual di toko pastinya memiliki beberapa merek berbeda mengingat bahwa banyaknya perusahaan yang menjual barang sejenis seperti kertas legal ini. Setiap merek pastinya memiliki harga yang berbeda-beda dan kualitas yang bervariasi.

Pilihlah merek yang bagus dengan harga yang standar karena jika Anda memilih harga yang murah bisa saja kualitasnya biasa-biasa saja sehingga kertas cepat rusak.

Pastinya jika Anda mempedulikan kualitas maka kegunaannya juga harus dipertimbangkan. Jika untuk mencetak dokumen penting pilihlah merek terbaik sedangkan jika untuk digunakan sebagai duplikat atau menulis saja maka kualitas merek biasa-biasa saja bisa digunakan.

2. Gramasi Kertas

Gramasi atau ketebalan kertas juga perlu Anda perhatikan terlebih jika untuk membuat dokumen penting. Di pasaran biasanya gramasi yang ada adalah 60 gsm hingga 100 gsm. Jika di Indonesia gramasi dengan berat 80 gsm sudah cukup sopan dan formal. 

3. Warna dan Bahan

Jika untuk mencetak dokumen penting pastinya Anda harus memilih warna yang bagus dan masih cerah karena beberapa ada warna yang sudah pudar atau tidak tampak bersih. Biasanya, bahan yang digunakan untuk membuat kertas juga mempengaruhi.

Oleh sebab itu, merek akan menentukan manakah bahan yang bagus digunakan untuk membuat suatu produk. Jika semakin mahal biasanya bahan yang digunakan juga semakin bagus sehingga warna akan tetap terjaga. 

4. Memilih Supplier yang Tepat

Jika Anda sudah menemukan toko yang tepat untuk membeli peralatan ATK termasuk kertas legal ini maka Anda tidak perlu berpindah-pindah lagi. Biasanya satu toko dengan toko lainnya memiliki kertas yang berbeda merek. 

Oleh sebab itu, Anda harus mengenali manakah supplier atau penjual yang memang memberikan kualitas bahan terbaik. 

5. Memilih Jenis Kertas yang Tepat

Sudah dijelaskan di atas bahwa kegunaan untuk kertas legal maupun junior legal sangat beragam sehingga untuk setiap kegunaan tersebut Anda harus memilih jenis kertas mana yang tepat untuk digunakan.

Pasalnya ada banyak jenis kertas di pasaran seperti HVS, art paper, buffalo, chromo, linen, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, kenali kebutuhan manakah yang ingin Anda gunakan.

Bagaimana Anda akan menggunakan ukuran kertas legal ini? Apakah sudah ada bayangan bagaimana Anda bisa menggunakannya dengan baik dan sesuai standar? Ulasan di atas bisa membantu Anda dalam menggunakan kertas tersebut dengan bijak.

error: Alert: Content is protected !!